Tuesday, December 29, 2009

Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu dipakai untuk menyampaikan informasi dari pembicara atau penulis kepada lawan bicara atau pembaca secara tepat. Ketepatan dalam penyampaian informasi akan membuahkan hasil, yaitu adanya kepahaman lawan bicara atau pembaca terhadap isi kalimat atau tuturan yang disampaikan. Lawan bicara atau pembaca tidak akan bisa menjawab, melaksanakan, atau menghayati setiap kalimat atau tuturan itu sebelum mereka dapat memahami benar isi kalimat atau tuturan tersebut. Contoh kaliamt efektif :

a. Banyak tombol-tombol yang dapat Anda gunakan.
Kalimat ini seharusnya: Banyak tombol yang dapat Anda gunakan.

b. Kita harus saling tolong-menolong.
Kalimat ini seharusnya: Kita harus saling menolong, atau Kita seharusnya tolong-menolong..

c. Fitur terbarunya Adobe Photoshop ini lebih menarik dan bervariasi.
Kalimat ini seharusnya: Fitur terbaru Adobe Photoshop ini lebih menarik dan bervariasi.

d. Saya mengetahui kalau ia kecewa.
Kalimat ini seharusnya: Saya mengetahui bahwa ia kecewa.

e. Bola gagal masuk gawang.
Kalimat ini seharusnya: Bola tidak masuk gawang.

f. Saya tinggal di Semarang di mana ibu saya bekerja.
Kalimat ii seharusnya: Saya tinggal di Semarang tempat ibu saya bekerja.

g. Anak-anak sudah pada datang.
Kalimat ini seharusnya: Anak-anak sudah datang.

h. Masuknya keluar mana?
Kalimat ini seharusnya: Masuknya lewat mana?

i. Di program ini menyediakan berbagai fitur terbaru.
Kalimat ini seharusnya: Program ini menyediakan berbagai fitur terbaru.

j. Depresi ekonomi bukan hanya dirasakan oleh kaum pribumi lapisan bawah, tetapi juga dirasakan oleh kelompok elite pribumi.
Kalimat ini seharusnya: Depresi ekonomi dirasakan oleh kaum pribumi lapisan bawah dan kelompok elite.

No comments:

Post a Comment